Waspada Krim Merkuri Bisa Membuat Kulitmu Rusak

Waspada Krim Merkuri Bisa Membuat Kulitmu Rusak
Waspada Krim Merkuri Bisa Membuat Kulitmu Rusak

Waspada Krim Merkuri – Berbagai produk kecantikan semakin marak bermunculan seiring sadarnya orang untuk merawat diri. Namun meski begitu, kita harus waspada krim merkuri yang terdapat pada produk kecantikan.

Nama lain dari merkuri adalah air raksa dengan simbol ‘Hg’ dan nomor atom 80 dalam tabel periodik. Merkuri adalah unsur kimia yang terbentuk secara alami dan biasa terdapat pada batuan kerak bumi Termasuk juga endapan yang terdapat dalam batubara. (epa.gov)

Merkuri beracun, dan orang dapat terpapar racunnya apabila menghirup uap, menelan larutan yang mengandung merkuri atau bahkan menyerap merkuri melalui kulit.

Bacaan Lainnya

Merkuri biasanya banyak terdapat pada peralatan listrik, misalnya dalam lampu uap merkuri yang dapat memancarkan cahaya yang mengandung radiasi ultraviolet. Lampu-lampu ini biasanya digunakan untuk lampu penerang jalan.

Bahan merkuri sering terdapat dalam krim pemutih karena merkuri dapat menghambat pembentukan melanin, hal ini akan membuat kulit terlihat lebih cerah dalam waktu yang singkat.

Hasil dari kosmetik yang mengandung merkuri biasanya cenderung singkat. Namun, dampak yang muncul akibat dari efek merkuri ini akan berakibat fatal.

Saat ini status penggunaan merkuri sebagai bahan baku pembuatan kosmetik sudah di larang. Namun, untuk riasan mata dan pembersihnya masih mendapat izin penggunaan merkuri dengan kadar kurang dari 0,007 persen.

Dengan begitu bukan berarti krim kecantikan yang kita temukan di pasaran sudah bebas dari merkuri. Kita harus tetap berhati-hati karena banyak produsen nakal yang tetap memasarkan produk kecantikan berbahan dasar merkuri.

Dilansir dari halodoc, berikut adalah resiko akibat paparan merkuri.

Menyebabkan Kerusakan pada Sistem Pencernaan, Saraf, dan Ginjal

Sifat korosif pada merkuri akan membuat kulitmu menipis dan menganggu kesehatan. Merkuri akan menyerap dengan cepat kedalam kulit dan parahnya hal itu akan berakibat pada kerusakan saluran pencernaan, sistem saraf dan ginjal.

Menyebabkan Berkurangnya Fungsi Otak

Jika kamu memakan makanan yang sudah tercemari oleh merkuri akan mengakibatkan fungsi otak berkurang. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih makanan yang akan kamu konsumsi. Pastikan tidak mengandung merkuri dan bahan berbahaya lainnya.

Dapat Memperlambat Pertumbuhan Janin

Merkuri juga memiliki dampak berbahaya untuk ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya menggunakan bahan kosmetik alami agar tidak terjadi hal tak menginginkan jika terpapar oleh merkuri. Karena merkuri dapat membuat pertumbuhan janin melambat atau bahkan menyebabkan keguguran.

Membuat kulit Pucat dan Timbul Flek Hitam

Penggunaan kosmetik mengandung merkuri akan mengakibatkan munculnya flek hitam di kulitmu. Flek ini akan muncul setelah efek pada merkuri yang terkandung dalam krim pemutih bekerja.

Iritasi Kulit

Penggunaan merkuri pada kulit dalam jangka yang panjang bisa menyebabkan kulit iritasi. Iritasi yang terjadi biasanya muncul berupa gatal-gatal dan ruam kemerahan pada wajah.

Kanker Kulit

Dampak paling buruk yang bisa ditimbulkan oleh merkuri adalah penyakit kanker kulit. Kandungan merkuri yang cepat meresap kedalam tubuh dapat menyebabkan virus kanker dan menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk, ada baiknya kita tetap berwaspada dalam penggunaan kosmetik. Jangan hanya karena ingin terlihat cantik kita melakukan cara yang salah. ***

Dapatkan berita menarik dan up to date lainnya dengan mengikuti website Up Media dan follow akun sosial media Up Media.

Instagram : @upmediaid

Facebook : Up Media