Niat Puasa Tasu’a dan Asyura Beserta Keutamaanya

Niat Puasa Tasu’a dan Asyura Beserta Keutamaanya
Niat Puasa Tasu’a dan Asyura Beserta Keutamaanya

Niat Puasa Tasu’a –  Pada Bulan Muharram umat Islam disunahkan untuk menunaikan ibadah puasa yaitu Puasa Tasu’a dan Asyura. Berikut adalah niat puasa Tasu’a dan Puasa Asyura.

Puasa Tasu’a dan Asyura ini dilakukan pada bulan Muharram. Kamu bisa melakukan puas Tasu’a pada 9 Muharram yang jatuh pada Minggu, 7 Agustus dan Puasa Asyura pada 1 Muharram yang jatuh pada 8 Agustus.

Perintah puasa Tasu’a dan Asyura terdapat di dalam hadist riwayat sebagai berikut seperti yang kami kutip dari tribunnews.

Bacaan Lainnya

“Rasulullah telah berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan supaya orang-orang berpuasa.” (JR Muslim).

Kemudian ada juga anjuran melakukan Puasa Asyura dalam Abu Hurairah ra yang berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda:

” hari ini adalah hari Asyura, dan kamu tidak diwajibkan berpuasa padanya. Dan saya sekarang berpuasa, maka siapa yang suka, berpuasalah. Dan siapa yang tidak suka, berbukalah!”

Untuk anjuran melaksanakan puasa Tasu’a sendiri terdapat dalam riwayat hadis Ibnu Abbas ra. Rasulullah bersabda: “Kalau saya lanjut umur satu tahun yang akan datang, niscaya saya akan berpuasa Tasua”

Niat Puasa Tasua dan Asyura

Tentunya untuk menunaikan puasa sunnah kita harus membaca niat terlebih dahulu. Niat untuk melaksanakan Puasa Tasua dan Asyura adalah sebagai berikut: